Bagikan!


Kamis, 24 Agustus 2017

212 Mart Nanggewer Cetak Omzet Rp 40 Juta per Hari




Saatnya bersama membangkitkan ekonomi umat secara berjamaah, amanah dan izzah, dengan perjuangan keiklasan hati.

Jaringan minimarket Islami yang terinspirasi Aksi Bela Islam (ABI) III, yakni 212 Mart besutan Koperasi Syariah 212 (KS 212) terus berkembang. Saat ini sudah ada 17 toko 212 Mart yang tersebar di Indonesia.

Teranyar, 212 Mart Nanggewer, tepatnya di Jalan Roda Pembangunan, Kelurahan Nanggewer, Kecamatan Cibinong, Bogor, Jawa Barat, diresmikan pada  Kamis (17/8), bertepatan dengan HUT RI Ke-72.

“Alhamdulilah 212 Mart Nanggewer sudah diresmikan. 212 Mart Nanggewer ini  di bawah payung hukum Komunitas Muslim Bogor Raya (KMBR) wilayah 5,” kata Ketua 212 Mart Nanggewer, Yandri kepada Koperasi Syariah 212, dihubungi Minggu (20/8) malam.

Menurut Yandri, jumlah anggota KMBR sudah ribuan karena  koperasi ini merangkul wilayah Bogor 5,  namun yang bergabung untuk mendirikan 212 Mart Nanggewer  sekitar 400-an orang. Jadi dikatakan Yandri, baru pihaknya yang memakai badan hukum ini, karena kebetulan juga koperasi ini dibentuknya bersamaan dengan peresmian 212 Mart Nanggewer.

Target Rp10 Juta/ Hari
Adapun dana penyertaan setiap anggota kisaran Rp 500 ribu hingga maksimal  Rp 10 juta. 212 Mart Nanggewer ini tipe C dengan modal Rp 450 juta, di luar uang sewa gedung Rp 75 juta pertahun. Untuk uang gedung ini pun sudah dibayarkan hingga lima tahun ke depan. ”Alhamdulilah pas peresmian, 212 Mart Nanggewer tembus angka hampir Rp 40 juta,” kata Yandri.

Yandri berharap omzet itu akan terus bertumbuh stabil. Pihaknya menargetkan omzet perhari Rp 10 juta, sehingga  dalam sebulan bisa tembus Rp 300 juta. Caranya, kata dia, yakni dengan terus sosialisasi mengajak jamaah untuk selalu belanja di toko 212 Mart Nanggewer ini.

Karena menurutnya, 212 Mart Nanggewer ini dibangun secara berjamaah, dari umat, oleh umat dan untuk umat. Maka harus bersinambung dalam keikhlasan hati membesarkan toko berbasis Islami ini hingga kebangkitan ekonomi umat terwujud nyata.

”Kita ini berjuang dengan keikhlasan hati, jadi ghirah-nya harus terus berkembang. 212 Mart Nanggewer ini milik umat, maka umat pulanya yang harus membesarkannya dengan selalu belanja di toko ini,” ujarnya.

Jumat Berkah
Untuk memberikan reward, setiap anggota diberikan kartu keanggotaan. Namun demikian dijelaskan Yandri, terkait bagi hasil masih akan ada pertemuan dengan pengurus untuk silaturahmi dan membahas konsep bagi hasil yang akan diberikan, dan bagaimana akadnya. Pengodokan konsep juga masih dilakukan di Dewan Syariah, mengingat KMBR ini juga baru dibentuk.

Namun demikian, lanjut dia, akan toko ini amanah umat maka akan diadakan Jumat Berkah. Programnya memberikan makanan kepada kaum dhuafa dan yatim setiap Jumat, tanpa mengambil uang dari 212 Mart ini, jadi dari kantong pribadi jamaah yang berkenan menyumbang. Pelaksanaan Jumat Berkah  ini akan dilakukan di 212 Mart Nanggewer ini.

Selain itu, kata Yandri, dimungkinkan juga ke depan akan ada program paket lebaran yang dipasarkan untuk memudahkan para jamaah yang akan memberikan bingkisan. Sehingga jamaah tidak perlu membeli paket bingkisan ke toko lain atau membuatnya sendiri. Adapun soal harga pastinya sangat terjangkau.

Dijelaskan dia, 212 Mart Nanggewer juga akan memfasilitas produk-produk UKM para anggota yang memiliki bisnis ini. ”Kami juga memfasilitas produk UKM para jamaah untuk dipasarkan di 212 Mart ini,” ujar Yandri.

Dalam pengembangan, kata Yandri, pihaknya akan terus  menyosialisasikan pentingnya membangkitkan ekonomi umat dengan bergabung di 212 Mart maupun komunitas KS 212, mengingat selama ini ekonomi umat sudah terjajah.

Saatnya Bangkit Bersama
”Inilah saatya untuk kita bangkit bersama mengembangkan ekonomi umat secara berjamaah, amanah, dan izzah. Insya Allah berlimpah berkah untuk kebangkitan ekonomi umat Muslim Indonesia,” ungkapnya.

Dalam pengembangan 212 Mart di wilayah Bogor, rencananya kata Yandri, diharapkan dalam tahun ini di setiap kelurahan ada satu toko 212 Mart. Adapun target kedepan adalah di setiap RW ada satu toko 212 Mart.

”InsyaAllah, dalam waktu dekat #212 Mart juga akan hadir di Perum Bukit Griya Asri Gunung Putri dan Sukahati Keradenan, juga wilayah Kabupaten Bogor,” pungkasnya.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Omzet 212 Mart Griya Kenari Mas Rp 7-8 Juta per Hari

Omzet 212 Mart Griya Kenari Mas (GKM) pada grand opening (GO) mencapai Rp 41.150.000. Berlanjut di Rp 7-8 juta per hari ini. Peresm...

Artikel Populer