Bagikan!


Jumat, 11 Agustus 2017

Begini Cara Mendirikan #212Mart




Tidak boleh individu, alias harus berjamaah, minimal dimiliki oleh 100 orang!

Inilah bedanya minimarket ala Koperasi Syariah 212. Alkisah, seorang ibu paruh baya, mengaku memiliki Alfamart di satu kota di Jawa Tengah. Ketika mendengar tentang #212Mart, ia pun tertarik ingin tahu. Datanglah Sang Ibu tersebut ke Investor Ghatering #212Mart 18 Mei lalu di Sentul.

Tapi dasar belum jodoh, Sang Ibu belum jadi membuka #212Mart. Karena ternyata harus berjamaah, tidak bisa dimiliki pribadi atau segelintir orang. Pergilah berkeliling radius 10 km dari rumah Anda, mungkin akan menemukan beberapa Indomart dan Alfamart. Eh, kok pegawainya sama. Terkadang di toko yang sebeah sana, terkadang di sebelah sini. Wajar, karena bisa jadi, pemilik beberapa minimarket tersebut adalah orang yang sama.

Lalu bagaimana dengan pemlik warung kecil di sekitar? Bagaimana dengan warga yang perlahan dibuat tergantung dengan minimarket-minimarket tersebut, tanpa ada pilihan. Uang terus menerus terbelanjakan pada toko yang bukan miliknya.

Ya, inilah yang kemudian membuat Koperasi Syariah 212 menggagas #212Mart. Polanya bukan franchise pribadi layaknya toko-toko modern mainstream. Justeru, franchise yang harus dimiliki berjamaah. Minimal pemlik saham sebuah #212Mart adalah 100 orang. Jadi, misalnya biaya pembukaan toko adalah Rp400 juta, maka masing-masing orang menanamkan dana sebesar Rp 4 Juta. Itu belum termasuk tanah, bangunan, dan renovasinya. Dan  ya, harus telah menjadi anggota Koperasi Syariah 212

Itu baru orangnya, lembaganya juga harus jelas. Lembaga yang menaungi #212Mart haruslah berbadan hukum. Bisa jadi Koperasi atau Perusahaan (PT/ CV). Memiliki tempat untuk pendirian minimarket dan tentu saja tersedia dana investasi sesuai dengan tipe yang akan diajukan.

Lagi, untuk menekankan keberjamaahan, sebagaimana #Spirit212, yang mengajukan pendirian sebuah #212Mart haruslah komunitas, bukan perorangan. Jadi, kalau di daerah Anda belum ada #212Mart dan Anda ingin membukanya, Anda harus mengajak minimal 100 orang di komunitas Anda untuk patungan modal. Belum bergabung di komunitas?  Ya bergabung dulu atau buat jika belum ada Komunitas Koperasi Syariah 212 di daerah Anda.

Tentu saja pendirian #212Mart diasistensi oleh tim ahli dan disupervisi oleh manajemen Koperasi Syariah 212, dalam hal ini Manajer Bisnis Ritel Koperasi Syariah 212, Han Anwar.

Nah, penasaran apa saja syaratnya dan alurnya untuk membuka #212Mart? Download di sini, Panduan Pendirian #212Mart dan Presentasi #212Mart dari pengurus dan manajemen Koperasi Syariah 212. File terkompresi (zip) sebesar 2,4 MB akan terunduh segera di browser Anda setelah Anda mengklik tombol “Download”.

Terima kasih telah berminat dengan #212Mart






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Omzet 212 Mart Griya Kenari Mas Rp 7-8 Juta per Hari

Omzet 212 Mart Griya Kenari Mas (GKM) pada grand opening (GO) mencapai Rp 41.150.000. Berlanjut di Rp 7-8 juta per hari ini. Peresm...

Artikel Populer