Bagikan!


Jumat, 01 September 2017

212 Mart Grand Wisata Bekasi Akan Diresmikan 3 September 2017




Komunitas 212 Grand Wisata Bekasi akan mendirikan 212 Mart di Ruko River Town Blok B2 No.31-32, Grand Wisata, Bekasi, Jawa Barat.
Hal ini disampaikan Ketua Komunitas 212 Grand Wisata Bekasi, Furqon Nur Alam kepada Koperasi Syariah 212, dihubungi Jumat (25/8).
”InsyaAllah, 212 Mart Grand Wisata, softopening pada 31 Agustus 2017. Sedangkan grand openingnya pada 3 September 2017 mendatang, mohon doanya,” kata Furqon.
Menurut Furqon, tujuan didirikan 212 Mart ini adalah untuk membangun potensi ekonomi umat agar mandiri secara ekonomi. Kepemilikan 212 Mart Grand Wisata ini adalah berjamaah, dari umat, oleh umat, dan untuk umat. Setidaknya ada 230 orang yang bergabung mendirikan 212 Mart Grand Wisata ini.
”Alhamdulilah, ghirah-nya 20 persen masyarakat Muslim di Grand Wisata ikut bergabung mendirikan 212 Mart ini. Diharapkan 212 Mart Grand Wisata nantinya tetap eksis dan meraih omzet tinggi, sehingga bisa berlanjut ke gerai berikutnya,” ungkap Furqon.
Dalam pengembangan 212 Mart ke depan, dirinya juga berharap agar produk-produk yang dipasarkan menyertakan produk Usaha Kecil Menengah (UKM) dari para anggota mengingat di Grand Wisata Bekasi ini banyak pengusaha. Sehingga, kata Furqon, produk yang dipasarkan itu banyak dari pengusaha Muslim, dengan begitu bisa menjadi lebih mandiri dalam upaya membangkitkan ekonomi umat, tidak lagi tergantung kepada pengusaha lain.
Senada dengan Furqon. Wakil Ketua Komunitas 212 Grand Wisata Bekasi, Saptadi membenarkan, bahwa ghirah warga Grand Wisata sangat luar biasa dalam upaya mewujudkan kebangkitan ekonomi umat Muslim di Indonesia.
Sekarang ini dikatanya, sudah ada 230 jamaah yang bergabung untuk mendirikan 212 Mart Grand Wisata Bekasi yang akan di launching pada 3 September mendatang. Dan, salah satu yang menjadi anggota adalah mantan Bupati Bekasi yaitu H. Sa’duddin.
Mulai Dari Rp 1 Juta
Adapun dana penyertaan setiap anggota adalah kisaran Rp 1 juta sampai Rp 15 juta per Kartu Keluarga (KK). Saat ini, dana yang sudah terkumpul Rp 750 juta, sedangkan targetnya Rp 1 miliar.
”Toko 212 Mart Grand Wisata ini tipe C, dan Insya Allah rencananya akan diresmikan oleh Bapak Deddy Mizwar (Wakil Gubernur Jawa Barat) pada 3 September 2017 mendatang,” ujar Saptadi kepada Koperasi Syariah 212, dihubungi, Jumat (25/8).
Terkait dengan 212 Mart ini tipe C, Saptadi menjelaskan, tipe C ini kisaran Rp 450 juta, adapun sewa toko Rp 70 juta pertahun, dan sudah dibayarkan untuk tiga tahun ke depan yakni sebesar Rp 210 juta. Dana renovasi kisaran Rp 100 jutaan.
”Adapun badan hukum 212 Mart ini adalah Koperasi Amanah Umat Grand Wisata. Memang masih dalam proses, mudah-mudahan saat launching, sudah beres karena kami sudah menyertakan semua prosedur,” ujarnya.
Target omzet pada awal pembukaan nanti, Saptadi menuturkan, tidak ada target yang muluk-muluk, karena pihaknya lebih ke jangka panjang. Yang terpenting kata dia, adalah saat pembukaan nanti persediaan barang banyak sehingga saat jamaah belanja tidak kehabisan. ”Makanya, kami stock orderbarang untuk persediaan saat launching sebesar Rp 50 juta,” jelas dia.
Namun demikian, lanjut dia, pihaknya sudah menyebar voucher belanja termin pertama senilai Rp 25 juta dan sudah habis terjual pada Kamis (24/8) kemarin. Para pembeli voucher itu adalah anggota. Selain voucher itu untuk dipakai sendiri, juga untuk diberikan kepada kaum dhuafa dan yatim, serta karyawan, saudara dan tetangganya.
Voucher belanja untuk termin pertama sudah kami tutup. InsyaAllah akan ada termin kedua, karena voucher ini berdasarkan permintaan jamaah,” ujar Saptadi.
Saptadi berharap dengan didirikannya 212 Mart Grand Wisata Bekasi ini, semoga jamaah selalu komitmen untuk belanjad di toko sendiri yaitu 212 Mart ini. Sehingga ekonomi umat lebih terbangun hingga kebangkitan ekonomi umat Muslim Indonesia bisa  terwujud.
Apalagi, kata Saptadi, Koperasi Syariah 212 (KS 212) Pusat juga sudah mengarahkan agar untuk memasarkan banyak produk dari 212 untuk masuk di 212 Mart. Untuk itulah, lanjut dia, pihaknya dalam pengembangan 212 Mart Grand Wisata Bekasi ini akan menyertakan produk-produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dari para anggota yang kebetulan banyak para pengusaha.
Toko Kedua pun Direncanakan 
”Sudah ada 15 UMKM yang mau bergabung, tapi kami seleksi dulu. Saat ini, kami juga masih fokus ke grand opening dulu. InsyaAllah, kami akan fasilitasi produk UMKM, tapi tidak berbarengan dengan grand opening ini karena UMKM itu perlu penangangi sendiri,” ungkapnya.
Di Grand Wisata Bekasi, kata Saptadi, rencannya akan dirikan satu toko 212 Mart lagi. Tentunya setelah toko pertama sukses dan berkembang dengan baik.
Adapun untuk sistem bagi hasil, dia menjelaskan, bahwa pihaknya  mengikuti sistem yang diarahkan dari KS 212 Pusat. Yakni, pertama yang pasti dari jumlah investasi yang disetorkan, dan kedua dari jumlah belanja anggota setiap bulannya. Karena sistem transkasi belanja dengan memakai kartu anggota. Sehingga semua transaksi anggota akan terekam berapa besarnya di kasir dengan sangat transparan, dan tentunya bagi hasilnya akan berbeda.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Grand Opening, 212 Mart Semarang Raup Omzet Rp 13 Juta Lebih

Tidak ada target khusus, berapapun omzet 212 Mart Semarang saat grand opening akan disyukuri karena itu berkah dari Allah SWT. Ger...

Artikel Populer